Fo5Sv7JltGnzxtw91bfu-OT7LLM Cara kerja Generator setting (Gen - Set) ~ Tyar Story Music

Tuesday, November 20, 2012

Cara kerja Generator setting (Gen - Set)

Pada dasarnya Generator Listrik adalah, alat yang dapat mengahasilkan energi listrik, media yang digunakan untuk menggerakan Genertor tersebut bermacam-macam, bisa diesel, air, uap, nuklir, gas, angin dll, sehingga terciptalah PLTN seperti yang ada di Fukushima, Jepang, yang baru mangalami kerusakan akibat Gempa dan sunami, lalu, PLTG, di Dieng, lalu PLTA, di waduk Jati Luhur, Jawa Barat. dan masih banyak lagi.

. Namun yang akan dibahas disini adalah Generator listrik atau Genset. Genset memiliki beberapa keuntungan, seperti bentuknya tidak terlalu besar, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana, sedikit perawatan, tidak memakan tempat dll.

Prinsip kerja.

. Pada Genset memiliki dua mesin utama yaitu mesin diesel dan generator yang di kopel menjadi satu, diesel berfungsi untuk menghasilkan energi putar, bahan bakar diesel untuk menghasilkan energi putar yaitu solar , putaran digunakan untuk menggerakan/memutarkan generator, sedangkan generator sebagai penghasil listrik, didalamnya terdapat dua bagian utama yaitu stator dan rotor.

. Ketika Generator diputar oleh mesin diesel yang dihubungkan melalui sebuah kopling, maka Generator akan mengeluarkan arus listrik dan tegangan yang dihasilkan dari putaran rotor didalam Generator tersebut. Kapasitas dari genset bermacam - macam, tergantung keperluan dari yang ukuran besar hingga kecil.





. Genset biasanya digunakan pada instansi publik, sepeti rumah sakit, mall, perkantoran atau perumahan, yang membutuhkan energi listrik alternatif, saat supply listrik utama/PLN off / mati/terjadi gangguan

. Tegangan yang dihasilkan umumnya 200 Volt AC ( bolak-balik ) 1 Phase
Bagian2 genset

0 comments:

Post a Comment

DOWNLOAD YOUR ALBUM

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More